10 Juni 2009

Semua Sifat Berguna

Semua Sifat Berguna


Seorang pemuda merasa menyesali diri. Dia berpikir dirinya memiliki banyak kekurangan. Banyak sifat yang dimilikinya adalah kekurangan. Suatu hari dia bertemu seorang pedagang. Pedagang itu menawarkan bantuan agar pemuda itu meneruskan usaha Si Pedagang, tapi Si Pemuda menolaknya. Alasannya sederhana yaitu malas. Pedagang itu memberikan barang dagangannya kepada orang lain dan ternyata orang itu bangkrut. Pemuda itu sedikit bersyukur karena bukan dia yang mengalaminya.

Pemuda ini juga senang membanggakan diri. Setahan-tahannya dia, tetap tidak kuat untuk tidak menyombongkan diri. Dari kesombongannya, dia mendapat banyak orang yang mengenalnya. Pemuda ini juga tidak sabaran. Setiap kali melakukan sesuatu dia jarang menyelesaikannya. Hal ini membuatnya mengetahui banyak hal. Sayangnya dia tidak menyadarinya.

Pemuda ini belum tahu apa yang namanya mengenal diri dan mensyukuri apa yang dimilikinya. Sering dia duduk termenung dan berpikir, mengapa dia memiliki banyak kelemahan. Dia sering berpikir negatif tanpa melihat sisi positif dari apa yang dimiliki.

Suatu hari ada orang bijak datang ke tempat Si Pemuda. Tentu saja pemuda ini menanyakan masalahnya pada orang bijak itu. Orang bijak itu memberitahu Si Pemuda bahwa tiada sifat yang buruk. Sifat buruk hanya terlihat di sisi negatif. Sebaliknya bila dilihat dari sisi positif sifat buruk akan menjadi sifat baik.

Pemuda ini mencoba untuk melihat dari sisi positif. Ternyata sifat malas menjauhkan dirinya dari masalah di luar kemampuannya. Sifat sombong mendorongnya untuk bersosialisasi dan belajar. Sifat tidak sabar membuatnya mengenal banyak ilmu. Tinggal sekarang bagaimana dia memanfaatkannya. Mulai saat itu Si Pemuda mulai belajar memanfaatkan kemampuannya.

Catatan :
Ada anggapan untuk membuang yang tidak berguna. Tapi berbeda dengan anggapan karena tidak ada yang diciptakan untuk tidak berguna. Banyak yang tidak berguna sebenarnya sangat bermanfaat. Tergantung bagaimana mengetahui dan kapan memanfaatkannya.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

kayakny dulu ak pernah ngomong dech.....
huahuahuahua....
isi adalah kosong kosong adalah isi...
tidak ada yg benar tidak ada yg salah...
tidak ada yang baik tidak ada yang jahat...
smua tergantung dr sp yg melihat...